Headline News:

3 Zat Aditif Makanan Berbahaya yang Sering Digunakan

2
3 Zat Aditif Makanan Berbahaya yang Sering Digunakan - Saat memasak atau membuat makanan kita sering menambahkan beberapa zat aditif dalam makanan, entah itu berupa bumbu atau pengawet, tanpa disadari atau tidak kita sering melakukannya. Padahal zat-zat aditif tersebut ada yang membahayakan bagi tubuh.

Karena itu kita semua dan khususnya bagi para ibu-ibu harus mengetahui zat-zat apa saja yang harus dikurangi atau bahkan dihindari agar keluarga kita selalu sehat. Berikut zat-zat yang perlu anda hindari:
Foto: kapuas.net

1. Monosodium glutamat (MSG)

MSG atau sering disebut penyedap rasa "micin" sangat sering digunakan para ibu rumah tangga di Indonesia, padahal bahan ini cukup berbahaya untuk digunakan.

Efek
Efeknya dapat menyebabkan pusing, mual, perubahan suasana hati, dan kelemahan.

Solusi
Kita juga dapat mengganti penyedap rasa dengan bahan yang sehat dan murah seperti gula+garam, dengan menggunakan itu masakan jadi lebih sehat.

2. Pewarna Makanan

Kita sering menjumai makanan dan minuman yang menggunakan pewarna makanan dengan yang bermacam-macam, ada merah, kuning, hijau, biru dan lain-lain. Walau sudah ada izin digunakan untuk makanan tetapi tetap saja penggunaan yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan.
Efek
Konsumsi dalam jangka panjang makanan yang mengandung zat pewarna dapat menyebabkan tumor di berbagai bagian tubuh seperti ginjal dan kelenjar adrenal.
Solusi
Kita dapat memberi warna pada makanan dengan menggunakan bahan alami, seperti daun suji untuk warna hijau, kunyit untuk warna kuning, buah naga untuk warna merah dan masih banyak lagi.

3. Pengawet Makanan

Bahan yang sering digunakan sebagai pengawet adalah Sodium nitrat dan natrium nitrit. Bahan-bahan itu sering dijumpai pada daging segar, untuk mencegah pembusukan pada saat pengiriman. Tetapi sayangnya, sodium nitrat dan natrium nitrit ini mengandung komponen kimia yang merupakan karsinogen atau zat beracun jika terakumulasi dalam tubuh.

Efek
Akibat kita mengkosumsi dalam jangka waktu lama dapat menyebabkan masalah pada lambung, prostat, dan kanker payudara.

Solusi
Kita dapat membeli daging segar dari dalam negeri yang baru saja di sembelih, untuk mengurangi penggunaan bahan pengawet.

Semoga pengetahuan diatas dapat memberi pengetahuan bagi para ibu rumah tangga.

Komentar Facebook:

2 Komentar Blog:

sangat sulit untuk menghindari 3 zat tersebut kalo beli makanan di luar..
nice bro!

Berlangganan Artikel





Subscribe Now!!

Artikel Terbaru